Insomnia – Penyebab dan Akibatnya

Insomnia adalah suatu kelainan dalam aktifitas tidur yaitu berupa sulitnya tidur setiap hari. Insomnia diakibatkan adanya suatu penyakit dalam tubuh penderita ataupun adanya permasalahan psikologis. Insomnia bisa dirsakan oleh siapa saja, anak-anak bisa mengalami insomnia ketika dia sedang mengalami gangguan kesehatan. Namun kebanyakan orang tua atau yang usianya sudah lanjut akan sering mengalami insomnia. Insomnia sering diderita para usia lanjut dikarenakan banyaknya permasalahan hidup yang dialami yang mengakibatkan terjadinya gangguan emosional seperti kecemasan, kegelisahan, depresi. Insomnia terjadi secara berkelanjutan sehingga menjadikan pola tidur terbalik.

Penyebab Insomnia

Insomnia sering terjadi akibat melakukan kegiatan berikut:
– Perjalanan Udara (Jet Lag)
– Bekerja pada malam hari
– Sering berubah-ubah jam kerja
– Menkonsumsi alkohol
– Efek samping obat
– Kerusakan pada otak
– Kebiasaan menonton TV di jam tidur

Ancaman Penyakit pada Penderita Insomnia

Insomnia memang bukanlah jenis penyakit, tapi ingat Anda jangan pernah tidak memperdulikan gejala insomnia karena menurut beberapa penelitian para Ahli Kesehatan bahwa efek yang timbul akibat menderita Insomnia dalam jangka panjang yaitu dapat memicu berbagai macam penyakit, diantaranya penyakit jantung dan pembuluh darah. Maka dari itu bagi anda yang merasa penderita Insomnia cepat-cepatlah melakukan perbaikan pola hidup anda supaya pola hidup anda menjadi teratur kembali. Baca Cara penyembuhan Insomnia.

Demikianlah paparan singkat mengenai Insomnia atau Kesulitan Tidur, semoga artikel singkat ini bisa bermanfaat bagi anda sekalian. Terimakasih sudah sudi mampir 🙂

Leave a comment

Filed under Istilah Kesehatan

Leave a comment